Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kali Wiso Butuh Normalisasi

JEPARA-Kondisi Kali Wiso yang mengalir di sisi utara Alun-alun Kabupaten Jepara sedang menjadi perhatian dari Pemkab Jepara, karena kondisi endapannya yang semakin tinggi. Selain itu, menjelang penilaian Adipura, Pemkab Jepara juga berupaya terus menjaga kebersihan Kali Wiso.

Terkait dengan endapan sungai, Kabid Pengairan Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Suko Santoso yang dikonfirmasi kemarin, membenarkan kondisi Kali Wiso yang makin dangkal. Dia melihat untuk endapan yang tinggi ke arah Timur. Karena itu, kata Suko, perlu ada pengerukan atau normalisasi.

”Memang akan ada normalisasi yang dananya berasal dari bantuan Provinsi. Untuk pelaksanaan, saya belum bisa memastikan, karena akan ada proses lelang terlebih dulu baru kemudian dilakukan normalisasi,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kondisi sungai di area Kota akan terus diperhatikan. Namun, untuk tahun ini belum ada rencana normalisasi untuk Kali Kanal yang juga berada di area Kota yang berdekatan dengan Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Jepara.”Untuk Kali Kanal memang belum ada rencana. Tahun ini, baru di Kali Wiso,” tutur Suko.

Dia menambahkan perhatian pemerintah tak hanya di aliran sungai dalam kota. Aliran sungai yang berada di daerah juga akan diperhatikan untuk menjaga arus air lancar. Dengan kondisi arus lancar dampak negatif yang biasanya timbul, seperti banjir bisa dihilangkan.

”Kami juga terus fokus melakukan pembersihan di aliran sungai dalam kota dan juga selokan-selokan. Ini karena penilaian Adipura memang tinggal sebentar. Untuk pemeliharaan sungai cukup berat, karena baru sekitar sepekan dibersihkan sudah keluar lumut lagi,” jelasnya.

Selain berupaya memaksimalkan tenaga di bidang pengairan, Suko berharap partisipasi masyarakat ikut menjaga kebersihan sungai. Dia berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. ”Tentu sangat diharapkan bantuan masyarakat untuk menjaga lingkungan, termasuk kondisi di aliran sungai,”harapnya.

Posting Komentar

0 Komentar