Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

ASDP Siapkan 28 Unit Kapal

JAKARTA - Menghadapi musim liburan yang akan berlangsung 25 Juni-14 Juli 2012, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Merak mempersiapkan 28 kapal dan 10 kapal cadangan.

‘’Untuk kondisi sangat padat sebanyak 33 kapal akan dioperasikan dengan lima kapal cadangan,’’ tutur Sekretaris Korporat PT ASDP Indonesia Ferry, Kristin Hutabarat, kemarin.

Di Cabang Ketapang, pada kondisi padat kapal yang akan dioperasikan sebanyak 34 dan saat arus penyeberangan normal yang beroperasi hanya 30 unit kapal.

‘’Kami selalu mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Persiapan angkutan liburan sekolah tahun ini telah kami laku kan secara maksimal.

Penataan dan pembangunan pelabuhan terus kami lakukan agar angkutan liburan berjalan lancar,’’ jelasnya.

Peningkatan kepadatan arus penyeberangan liburan sekolah diprediksi akan terjadi pada 28 Juni hingga 1 Juli 2012, sedangkan arus balik 12-15 Juli 2012. Dalam melayani para pengguna jasa di musim liburan, PT ASDP berkonsentrasi ke tiga cabang utama, yaitu Merak, Bakauheni, dan Ketapang.

Untuk mengantisipasi kepadatan, pihaknya memastikan seluruh sarana dan prasarana penunjang baik di pelabuhan maupun kapal siap digunakan. Penataan kesiapan fasiltas pelabuhan di tiga cabang utama tersebut telah dilakukan beberapa bulan terakhir.

Begitu pula kapal yang telah melalui proses perawatan berkala. Selain fasilitas pelabuhan dan kapal, ASDP memastikan kesiapan petugas operasional di pelabuhan serta melakukan kerja sama dan koordinasi terus-menerus dengan pihak-pihak eksternal terkait, antara lain Kementerian Perhubungan, pemda, dinas perhubungan, kepolisian, TNI, dan perusahaan pelayaran swasta.

‘’Kami telah mempersiapkan angkutan liburan yang terbagi dalam beberapa skenario yang mungkin terjadi, yaitu skenario normal, padat, dan sangat padat,’’ kata Kristin.

Posting Komentar

0 Komentar