Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manfaat Selada Air bagi Olahragawan

SELADA Air sejak lama banyak dijadikan sebagai sayur lalapan dan pelancar ASI pada ibu menyusui.

Namun siapa sangka, tanaman yang dalam bahasa jawa disebut "kenci" ini bermanfaat sebagai penambah energi bagi olahragawan.

Sebuah penelitian oleh ilmuwan dari Edinburgh Napier University, seperti dikutip laman DailyMail, menyebutkan nutrisi daun-daun selada air bisa mengurangi kerusakan DNA setelah seseorang berolahraga.

Antioksidan yang terkandung dalam selada air mampu menetralisir radikal bebas yang terproduksi dalam tubuh saat kita berolahraga.

Radikal bebas adalah molekul berbahaya terdiri dari oksigen yang dapat berdampak negatif pada kesehatan seseorang. Mereka dikatakan bertanggung jawab untuk hampir semua jenis penuaan, kanker, hingga diabetes.

Ilmuwan meneliti sampel darah dari sepuluh pemuda sehat dan meminta mereka untuk makan sejumput kecil selada air setiap hari selama delapan minggu.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa dengan makan sejumlah relatif kecil selada air setiap hari, dapat membantu meningkatkan kadar vitamin-vitamin antioksidan yang membantu melindungi tubuh kita, dan memungkinkan kita tetap fit," kata Mark Fogarty, salah satu dari tim peneliti.

Sebelumnya, peneliti dari Universitas Southampton telah menemukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi setidaknya 80 gram selada air dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita. Daun yang tumbuh di air ini dapat membantu mematikan sel tumor dalam darah.

Penelitian ini menemukan bahwa senyawa, isotiosianat phenylethyl (PEITC), yang memberikankan daun ini rasa pedas, dapat mengganggu fungsi dari protein yang berpengaruh dalam perkembangan kanker.

Posting Komentar

0 Komentar