Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Durian, Oh Durian

MESKIPUN dianggap sebagai buah yang menjijikkan bagi orang luar negeri, bahkan pada film “Eat, Pray, Love”, durian dianggap sebagai buah yang rasanya seperti kaus kaki busuk. Tapi di Indonesia, dan negara Asean lain, durian menjadi buah yang disukai dan digilai banyak orang. Ketika musim tiba, penjual durian dadakan banyak dijumpai diberbagai tempat. Dan mendadak hampir semua orang jadi keranjingan membelinya.

Buah yang merupakan tumbuhan tropik ini, banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Selain itu, juga mengandung vitamin B1, B2, C, serta kalium, kalsium dan fosfor. Sehingga, jika kita memakan buah ini dalam jumlah normal, tak sedikit manfaat yang kita dapat. Antara lain bisa mengatasi sembelit, anemia, berfungsi sebagai antioksidan, baik untuk tulang dan persendian, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut (karena mengandung banyak fosfor).

Selain memakan buahnya secara langsung, berbagai makanan dan minuman dari olahan durian, tak kalah untuk dinikmati. Kita bisa menikmatinya di rumah makan serba durian yang pertamakali hadir di Jawa Tengah, Oemah Duren Ruby, jalan Soegiyopranoto Semarang. Pilihan manakan dan minuman duriannya sangat beragam. Untuk makanannya, mulai dari lumpia, wingko, cake, onde-onde, serabi, pancake, pie, ketan, sampai iga bakar dengan sambal durian.

Untuk menu minumannya, tak hanya ada es atau dawet durian, seperti yang sering kita dijumpai di berbagai warung atau restoran, tapi di sini kita bisa menikmati teh atau kopi durian (ya, teh tarik atau kopi yang dicampur dengan durian), atau “decorder”. Ini merupakan minuman nata de coco yang dicampur durian.

semua menu yang ada, merupakan hasil kreasi sang pemilik restoran sendiri, Ninna Nurhakim. Harga yang ditawarkan cukup murah, mulai dari Rp 8 - 22 ribu.Tempat ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang benar-benar menyukai durian. Karena semua menu menggunakan durian asli, tanpa dicampur atau diolah lagi, dan tanpa biji.

Durian yang digunakan merupakan kualitas terbaik dari kebun durian jenis kanyau milik Ninna sendiri. Tak hanya menyediakan manakan dan minuman serba durian, Oemah Duren Ruby juga memproduksi sirup durian, dan tempat ini merupakan satu-satunya yang menjual sirup durian di Jawa Tengah, bahkan mungkin di Indonesia.

Selain Omah Duren Ruby, pilihan lainnya adalah Mr. Durian yang ada di Manggala foodcourt, jalan Gajah Mada Semarang. Meskipun menunya tak selengkap Omah Duren Ruby, di sini Anda bisa menikmati es duren, ketan, ketan, dan es kelapa muda durian. Harganya juga terjangkau, antara Rp 10 -17 ribu. Es atau dawet durian lain yang juga tak kalah enak, bisa kita jumpai di pusat makanan segitiga jalan Erlangga.

Ada begitu banyak pilihan aneka olahan durian yang menggoda. Asal Anda bisa membatasi jumlah/ porsi yang dikonsumsi dan tidak berlebihan. Anda tentu tidak mau terkena kolesterol atau gula tinggi dan tidak bisa menikmati durian lagi, bukan?

Posting Komentar

0 Komentar