Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Lada Hitam Bantu Kontrol Lemak

PARA peneliti telah lama mencari efek menguntungkan dari lada hitam.

Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, lada hitam juga memiliki khasiat mengontrol lemak dalam darah.

Seperti dikutip dari laman Times of India, sejumlah ilmuwan meneliti titik-titik piperin yang menimbulkan bau khas dan tajam pada lada hitam.

Dari hasil pengamatannya, peneliti menyimpulkan, piperin dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru.

Soo-jong Um, Ji-Cheon Jeong dan rekan satu timnya menjelaskan, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa piperin juga berkhasiat mengurangi kadar lemak dalam aliran darah dan memiliki efek kesehatan lain yang menguntungkan.

Lada hitam dan tanaman lada hitam, memang telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia pengobatan tradisional orang Timur. Kebanyakan dari mereka meyakini lada hitam mampu mengobati gangguan pencernaan, nyeri, peradangan dan gangguan lain.

Para ilmuwan juga mendapatkan informasi tentang bagaimana piperin bekerja pada tingkat molekuler paling dalam. Dari situlah mereka berangkat untuk mendapatkan informasi lebih jauh lagi tentang efek piperin sebagai anti lemak.

Studi laboratorium juga menunjukkan, piperin berguna untuk “mengganggu” aktivitas gen yang mengontrol pembentukan sel lemak baru. Piperin memicu reaksi metabolisme berantai yang membantu menjaga lemak.

Peneliti yakin, temuan mereka tentang manfaat lada hitam dapat diperluas untuk pengobatan obesitas. Studi ini telah dipublikasikan dalam ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Posting Komentar

0 Komentar