Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bandung Bikin Kereta Gantung

BANDUNG - Kereta gantung (cable car) bakal melengkapi sistem transportasi Kota Bandung. Direncanakan, cable car mulai beroperasi pada 2013.

Moda transportasi itu menjadi bagian pemecah kemacetan, terutama pada akhir pekan di luar fungsi pariwisata.

Selasa (12/6) kemarin, Pemkot Bandung bersama pengembang melakukan pencanangan atas proyek cable car tersebut di Jalan Djunjunan Bandung. "Satu pekan mendatang, peletakan batu pertama dilakukan. Tinggal izin bangunan, baru pembangunan fisik dilakukan," tandas Wali Kota Dada Rosada.

Proyek kereta gantung di perkotaan itu diklaim merupakan yang pertama di Tanah Air, bahkan Asia. Untuk mewujudkan cable car itu, pengembang menggandeng prinsipal teknologi transportasi Doppelmayr Austria. Jalur cable car akan membentang 1,8 km dari kawasan sekitar Gerbang Tol Pasteur ke pusat keramaian Jalan Sukajadi, utara kota.

Cable car juga dijadikan ciri khas kota. Kepala Dishub Bandung, Ubad Bachtiar menambahkan kereta gantung itu bakal diintegrasikan dengan moda transportasi lain. Menurut dia, setiap harinya, terutama akhir pekan, kendaraan yang masuk kota mencapai 15 ribuan.

Kondisi tersebut di luar jumlah kendaraan di wilayahnya. Dari total 1,2 juta unit, sebanyak 859 ribu kendaraan merupakan jenis roda dua.

Posting Komentar

0 Komentar