-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

63 Pendaftar Tidak Lolos Survei Bidikmisi Unnes


SEMARANG - Sebanyak 63 pendaftar Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak lolos dalam survei atau verifikasi.

Dalam proses survei, calon mahasiswa tidak mampu membuktikan status miskinnya. Dalam daftar pengumuman SNMPTN jalur undangan, Bidikmisi dialokasikan 64% atau 994 beasiswa dari 1.450 kuota yang diterima Unnes.

Akan tetapi, pada proses survei lapangan atau verifikasi yang dilakukan tim Unnes di Jawa dan luar Jawa, ditemukan pemalsuan data oleh pendaftar yang sebenarnya mampu, tapi mengaku miskin, sehingga yang dinyatakan lolos Bidikmisi pada jalur undangan 931 pendaftar.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin mengatakan, setelah pengumuman SNMPTN jalur undangan pihak Unnes langsung menerjunkan tim survei atau verifikator 150 personel untuk membuktikan kebenaran data calon mahasiswa penerima Bidikmisi dari jalur tersebut.

Ternyata dari jatah 994 mahasiswa Bidikmisi dari jalur undangan, 63 peserta terbukti tidak miskin.

”Meski tidak lolos sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, peserta tidak gagal dalam proses SNMPTN jalur undangan. Mereka hanya berganti status dari miskin menjadi umum. Selain itu, mereka harus membayar biaya kuliah,” katanya, kemarin.

Jalur Lain

Sementara itu, sisa kuota Bidikmisi Unnes akan dialokasikan ke jalur lain, yakni 16% untuk jalur tulis dan 20% untuk jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

Calon mahasiswa baru Unnes yang telah diterima melalui jalur undangan diwajibkan mengikuti pembekalan pada 12-13 Juni 2012. Jika mereka tidak datang pada pembekalan tanggal tersebut, maka dianggap mengundurkan diri.

”Sesuai jadwal tanggal 12 Juni untuk lapor diri FIP, FBS, FT, FIK, sedangkan 13 Juni untuk FIS, FMIPA, FH, dan FE. Pembekalan dimulai pukul 07.00 di Auditorium Unnes Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang,” tutur Agus.

Pada saat pembekalan, peserta juga wajib membawa fotokopi buku rapor SMA/MA/SMK yang dilegalisasi kepala sekolah, kartu peserta SNMPTN undangan, dan surat keterangan lulus (SKL).

Lapor diri diselenggarakan 19 Juni untuk FIP, FT, FIK, lalu 20 Juni untuk FIS, FMIPA, FH, dan 21 Juni untuk FBS, FE. Terkait dengan pembayaran SPP, besaran biaya direncanakan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta registrasi.unnes.ac.id. Pembayaran dapat dilakukan 11 Juni hingga 18 Juni 2012.

Posted by @koranwawasan on Jumat, Juni 08, 2012. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "63 Pendaftar Tidak Lolos Survei Bidikmisi Unnes"

Leave a reply