-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

3 Cara Baru Hentikan Merokok


BERUSAHA menghentikan kebiasaan merokok, memang hal paling sulit dilakukan. Apalagi buat Anda yang memang telah lama menjadi pecandu nikotin. Namun, bila niat untuk menghentikan kebiasaan ini telah tertanam, Anda mungkin bisa mencari bantuan.

Sebuah studi baru dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research mengungkapkan bahwa bantuan untuk menghentikan kecanduan nikotin dapat berasal dari beberapa sumber yang tak terduga. Berikut kiat-kiatnya seperti yang dikutip dari laman Shine:

Buah dan sayur

Dalam studi tersebut, 1.000 perokok dipilih secara acak, ditanya tentang kebiasaan merokok mereka dan kebiasaan mereka mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Dalam tindak lanjut wawancara, mereka kembali dihubungi setelah 14 bulan kemudian. Mereka kembali ditanya apakah mereka mulai menghentikan kebiasaan merokok setelah mengonusmsi buah dan sayur.

Studi ini menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi sebagian besar buah dan sayuran, tiga kali lebih mungkin bebas dari tembakau selama minimal 30 hari daripada mereka yang lebih sedikit mengonsumsi buah dan sayur.

Para peneliti juga menemukan bahwa perokok yang makan lebih banyak buah dan sayuran, kemungkinan akan merokok lebih sedikit per hari. Mereka mencatat skor lebih rendah saat menjalani tes ketergantungan nikotin.

Hal ini karena buah dan sayur merupakan makanan tinggi serat yang bisa membuat orang merasa kenyang sehingga mereka mampu menekan rasa lapar dan kurang tertarik untuk merokok.

“Perokok terkadang membingungkan, antara merasa lapar dengan keinginan untuk merokok,” kata peneliti Jeffrey P. Haibach, MPH, dalam pernyataan yang dirilis dalam jurnal penelitian ini.

Bantuan hipnotis

Selama bertahun-tahun, banyak orang mengklaim bahwa hipnotis mampu membantu sejumlah pecandu rokok menghentikan kebiasaannya. Sekarang peneliti Kanada telah menemukan bahwa perokok, 4,6 kali lebih mungkin untuk berhenti merokok jika mereka menjalani terapi hipnosis.

Bagaimana cara kerja hipnosis? Terapis mempengaruhi si perokok, mempengaruhi mereka agar lebih santai dan kemudian membuat pernyataan seperti, “Saya tidak suka rokok” yang akan terus melekat dalam pikiran si perokok pada tingkat alam bawah sadar dan mengubah perilakunya setelah keluar dari keadaan santai. Jika Anda mencoba cara ini, menggunakan bantuan terapis hipnotis bersertifikat, mungkin Anda dapat menemukan manfaat dari bantuan ini.

Coba akupunktur

Terapi Cina mencoba menerapkan penggunaan jarum untuk mengatasi masalah kecanduan rokok. Jarum yang sangat tipis biasanya dimasukkan melalui kulit pada titik tertentu dari tubuh Anda. Titik tersebut terletak pada meridian, melalui mana gi (energi vital).

Akupunktur banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi, terutama mengatasi masalah nyeri. Meski begitu, khasiat akupunktur untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok belum 100 persen terbukti ampuh.

Tetapi, penelitian di Kanada baru-baru ini menemukan bahwa perokok 3,5 kali lebih mungkin untuk menghentikan kebiasaannya, jika mereka menjalani akupunktur teratur, dibandingkan dengan perokok yang samasekali tidak menjalani perawatan akupunktur.

Posted by @koranwawasan on Selasa, Juni 19, 2012. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "3 Cara Baru Hentikan Merokok"

Leave a reply