Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

PT Malaysia Tawarkan Pendidikan Murah

SEMARANG - Perguruan tinggi (PT) Malaysia tawarkan pendidikan murah bagi para calon mahasiswa yang hendak melanjutkan di negeri jiran itu. Hal itu dipromosikan di stan Malaysia Education Promotion Centre in Indonesia di Edu Ekspo SMA 1 Semarang, Kamis (12/1).

Penasehat Kedutaan Besar Malaysia bidang Pendidikan, Yahurin Mohd Yassin menjelaskan, bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia, perguruan tinggi disana menawarkan berbagai program mulai kuliah dengan double degree hingga biaya hidup yang terjangkau disana.

''Dengan tinggal di kos dan hidup sewajarnya di Malaysia, sebulan mahasiswa hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 3 juta. Sedangkan, bagi yang ingin mendapat dua gelar dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, ada juga universitas yang menyediakan program itu. Terbukti dengan program yang ada itu, hingga kini tercatat 10 ribu mahasiswa dari Indonesia yang belajar di Malaysia,'' katanya yang juga menjabat sebagai Director Malaysia Education Promotion Centre in Indonesia itu.

Stan perguruan tinggi Malaysia diantaranya, Nilai University College dan Lim Kok Wing University turut meramaikan Edu Ekspo dan Smansa Cup yang diselenggarakan SMA 1 Semarang dan dibuka oleh Wali Kota Semarang Soemarmo HS itu. Selain PT dari luar negeri, 18 stan perguruan tinggi negeri dan swasta juga berpartisipasi seperti, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Institut Pertanian Bogor (IPB), Unisbank, IKIP PGRI Semarang, Stifar, Unwahas, Untag, Udinus, dan lain sebagainya.

Kepala SMA 1 Semarang Bambang Nianto Mulyo menyampaikan, bahwa kegiatan Edu Ekspo dan Smansa Cup yang digelar pihak sekolah untuk kedua kalinya ini memang hendak memfasilitasi para siswa yang mencari informasi tentang pendidikan lanjut ke perguruan tinggi, sekali mewadahi potensi siswa dari SMP dan SMA lain dengan lomba-lomba.

''Untuk Edu Ekspo pastinya kami hendak memberikan kesempatan kepada siswa dalam merencanakan masa depannya. Dan alasan kami menggandeng PT dari luar negeri karena sekitar 2%-3% lulusan SMA 1 Semarang ini melanjutkan pendidikan kesana,'' katanya.

Adapun, lanjut dia, kompetisi di Smansa Cup diantaranya, lomba futsal, lomba baris-berbaris, basket three on three dan modern dance. Sedang kompetisi untuk bidang akademik diantaranya, lomba matematika, story telling, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Soemarmo HS pada pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan, agenda rutin Smansa Cup dan Edu Ekspo ini sebagai perwujudan bahwa SMA 1 Semarang tidak hanya mendidik dalam keilmuan saja tetapi membantu Kota Semarang untuk promosi. Hal itu dibuktikan dengan peran serta perguruan tinggi luar negeri yang hadir di Edu Ekspo. ''Harapannya dengan event ini pendidikan di Kota Semarang menjadi lebih baik,'' tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar