Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Rombongan Ke-12 TKI Suriah Tiba

JAKARTA - Tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Suriah tiba di Tanah Air. Sebagian dari mereka yang masuk pemulangan gelombang ke-12 ini berasal dari Jawa Tengah.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, kemarin, mengatakan, Senin (18/6) pukul 18.35 sebanyak 29 TKI tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Mereka adalah 29 TKI penatalaksana rumah tangga (PLRT) yang bekerja di Suriah.

Para TKI itu setelah didata oleh petugas BNP2TKI langsung dipulangkan ke daerahnya dengan anggaran BNP2TKI. Menurut Jumhur, ke-29 TKI itu merupakan bagian dari 144 TKI di penampungan KBRI Damaskus. Saat ini masih ada 115 TKI di lokasi penampungan tersebut.

‘’Ini merupakan pemulangan gelombang ke- 12 sejak Februari lalu. Jumlah seluruh TKI di Suriah 269 orang. Pemerintah terus mengupayakan penyelamatan khususnya terhadap TKI yang terjebak di lima wilayah konflik bersenjata yaitu Homs, Hama, Daraa, Idlib, Alifa, serta Atakin,’’jelas Jumhur.

Dia mengatakan, KBRI membuka posko darurat di wilayah utama konflik guna memudahkan evakuasi. Tim evakuasi bekerjasama dengan penduduk lokal dibantu belasan pasukan TNI yang menjadi observer perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Suriah.

Satu Meninggal

Dia menambahkan, hingga tahap ke-11, sudah 240 TKI yang dipulangkan. Mereka berasal dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Lampung, dan Sulawesi Selatan. Termasuk, kata Jumhur, satu jenazah bernama Rasminah binti Cartim asal Dusun Cikalong Girang Rt 22/12, Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat.

Sementara untuk kepulangan gelombang ke-12 ini, terdapat satu TKI korban penyiksaan majikan yaitu Misti binti Mairoh (34) beralamat Desa Sukamulya Rt 03/02, Kecamatan Tukdana, Indramayu, Jawa Barat. Misti mengalami trauma kejiwaan berikut bekas luka di bagian tubuh belakang. Dia dirujuk ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur dengan tanggungan BNP2TKI.

Misti yang diberangkatkan ke Suriah oleh perusahaan pengerah jasa TKI PTDelta Rona Adiguna pada 5 Agustus 2011, bekerja untuk keluarga Abu Nizan di kota Maje, Damaskus. Akibat perbuatannya, sang majikan Misti ditahan. Jumhur menyebutkan, di luar Misti binti Mairoh, sebanyak 21 TKI berasal Jawa Barat, Banten (1), Jawa Tengah (3), Lampung (1), Jawa Timur (1), serta Nusa Tenggara Barat (2).

Berdasarkan data Pusat Penelitian dan Pengembangan Informasi (Puslitfo) BNP2TKI, total penempatan TKI di Suriah mencapai 11.760 orang. Sebagian besar atau 11.559 merupakan pembantu rumah tangga. Hanya 201 TKI yang bekerja di sektor formal.

Posting Komentar

0 Komentar