Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

BlackBerry 10, Gebrakan Terbaru dari RIM

RESEARCH In Motion (RIM) yang cukup produktif membesut produk BlackBerry berbagai seri, selama ini dianggap masih minim inovasi.

Sebagian pengguna BB mulai merasa jengah lantaran jaringan internet yang kerap tersendat. Padahal bagi sebagian pengguna BlackBerry, internet menjadi tumpuan utama komunikasi.

Masih pula, keterbatasan memori menjadi kendala. Sebagai informasi, seluruh aplikasi di BlackBerry tersimpan di dalam memori internal, bukan pada memori eksternal atau kartu memori.

Bahkan, ada sebagian pengguna yang merasa terganggu dengan fitur broadcast message, sehingga memungkinakan pesan yang dikirm akan disalahgunakan.

Sementara, fitur Blackberry Massenger (BBM) masih menjadi andalan sebagian pengguna BlackBerry sebagai alat komunikasi utama, karena dianggap lebih mudah dan murah dibandingkan telepon.

Membagi nomor telepon dianggap perihal privasi, sementara membagi pin BB lebih memungkinkan dan nyaman.

Sayangnya, ponsel pintar ini tetap memiliki kekurangannya. Penggunaan pesan melalui BBM juga acap mengalami masalah keterlambatan (pending messages) sehingga cukup membuat gusar, apalagi jika mengharuskan pesan diterima dalam keadaan darurat.

BlackBerry World 2012 yang dihelat di Orlando, Amerika Serikat, belum lama ini telah diprediksi sebagian kalangan menjadi momentum kebangkitan BlackBerry, berkaca pada kendala teknologi yang dihadapi BB membutuhkan pembaruan segera .

Dan RIM dengan bangga memperkenalkan sistem operasi terbarunya, BlackBerry 10 di ajang tersebut. OS terbaru BlackBerry ini diklaim lebih canggih dalam hal aplikasi dan multitasking.

1. Berpindah aplikasi dengan cepat

Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya, dimana pengguna yang ingin beralih aplikasi harus kembali terlebih dulu ke tampilan layar utama. Dengan OS BB 10, pengguna dapat melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background, cukup dengan menarik menu dan window di samping layar. Perpindahan antar aplikasi ini begitu halus.

"Pengguna tak perlu keluar dari aplikasi setiap kali mereka ingin berganti aplikasi. Kami ingin menggunakan paradigma teknologi yang mudah dan cepat," ungkap CEO RIM, Thorsten Heins.

2. Kamera "mesin waktu"

Pernahkan Anda memotret seorang teman yang tengah tersenyum dengan indah, dengan pencahayaan yang baik, namun kelopak matanya setengah tertutup sehingga merusak keindahan foto.

Sayang jika foto tersebut harus dihapus, kan? Software aplikasi pada kamera di BB10, membantu Anda mengembalikan waktu untuk memilih gambar terbaik saat kelopak mata teman Anda belum tertutup, bahkan saat Anda belum menekan tombol rana. Kamera di BB 10 pun disulap bagai kamera mesin waktu yang sanggup mengembalikan momen.

3. Keyboard virtual "pintar"

Keyboard virtual BB 10 ini bagai papan ketik cenayang, yang bisa memprediksi kata berikutnya yang akan diketik. Kata-kata prediksi itu seperti diungkap pihak RIM sebagai word suggestions yang akan muncul di atas tombol huruf awal kata yang terketik.

Jika ingin menggunakan kata prediksi tersebut, pengguna cukup menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda. Mulai dari 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih.

Nampaknya, BlackBerry 10 siap bersaing dengan iPhone, Android dan Windows Phone yang didominasi oleh perangkat berlayar sentuh.

BlackBerry 10 akan tersedia pada akhir tahun 2012, dan RIM memastikan tablet BlackBerry PlayBook akan dibenamkan juga dengan OS BB10. Namun, RIM belum bisa memastikan BlackBerry seri apa saja yang akan mendukung dan bisa di upgrade ke BlackBerry 10.

Posting Komentar

0 Komentar