Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

KA Bogowonto Dioperasikan Siang Hari

PURWOREJO- Perjalanan KA ekonomi komersial (ekonomi AC) Bogowonto jurusan Kutoarjo - Pasar Senen (Jakarta) akan dialihkan menjadi siang hari. Pengalihan mulai 1 Maret 2012 itu untuk optimalisasi rangkaian.

Selain pengalihan waktu perjalanan dari malam hari menjadi siang hari, trayek KA Bogowonto juga akan diperpanjang sampai Yogyakarta. Sehingga yang tadinya trayek Kutoarjo - Pasar Senen PP menjadi Yogyakarta - Pasar Senen PP. Humas PT KAI Daops 5, Surono, memberikan keterangan tersebut kemarin.

Dia menyebutkan, di samping untuk optimalisasi rangkaian, pengalihan waktu perjalanan KA ekonomi AC pertama di Indonesia itu juga dalam rangka pemerataan waktu perjalanan, khususnya kereta api ekonomi AC tujuan Jakarta.

Saat ini di samping KA Bogowonto sudah ada satu KA ekonomi AC lain tujuan Jakarta, yaitu KA Gajahwong dengan trayek Lempuyangan (Yogyakarta) - Pasar Senen. KA tersebut berjalan malam hari ke Jakarta dan kembali siang hari dari Jakarta. KA ini berangkat dari stasiun Lempuyangan pukul 19.20.

KA Gajahwong

Mulai 1 Maret 2012 KA Bogowonto akan diberangkatkan dari stasiun Yogyakarta pukul 07.30 dan akan berhenti di Stasiun Wates, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, dan Prupuk. KA ini akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 18.40 menuju Yogyakarta.

Dengan pengalihan waktu perjalanan KA Bogowonto dari malam menjadi siang hari serta perpanjangan trayeknya sampai Yogyakarta, pemakai jasa KA ekonomi AC yang akan menuju Jakarta mempunyai pilihan waktu perjalanan. Siang hari dapat menggunakan KA Bogowonto dan malam hari bisa menggunakan KA Gajahwong. Begitu juga sebaliknya penumpang dari Jakarta, siang hari bisa menggunakan KA Gajahwong, yang menghendaki malam hari bisa naik KA Bogowonto.

Surono menambahkan, adanya pembatasan okupansi maksimal 100% (sesuai tempat duduk) dan kebijakan bebas pedagang asongan, bebas asap rokok, serta adanya fasilitas AC di semua kereta dipastikan penumpang kedua KA ekonomi komersial ini akan lebih mendapatkan kenyamanan selama dalam perjalanan. Ke depan hanya akan ada dua kelas KA, yakni eksekutif dan ekonomi AC.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sebuah upaya perbaikan dalam mengelola moda angkutan kereta api..

    BalasHapus