Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Komplek Candi Gedong Songo

Sebuah komplek candi yang berada yang berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi Kecamatan Ambarawa yang berjaraj 9 Km dari kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi gedong Songo termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Syaelendra dari abad IX (Tahun 927 M).

Juga merupakan wisata alam dengan hawa yang sejukdan pemandangan alamnya yang indah juga dilengkapi pula dengan pemandian air panas, areal perkemahan, wisata berkuda.Disekitar lokasijuga terdapat penginapan dan hotel.

KELOMPOK CANDI ARJUNA

Terietak di lahan situs purbakala seluas 36 Ha, kawasan ini di kelilingi perbukitan. Sebelah Timur Bukit Sitinggil & Sikendeng, Sebelah Barat Bukit Ngrecogede, Sebelah Selatan Bukit Pangonan dan Sebelah Utara Bukit Punthuksari.
Kelompok Candi Arjuna terdiri dari 5 buah Candi, yang tersusun dalam dua deret mengarah ke Utara-Selatan Deret sebelah Timur terdiri 4 Candi yang menghadap ke Barat yaitu : C. Arjuna, C. Srikandi, C. Puntadewa, C. Sembadra
Deret sebelah barat terdiri dari 1 Candi yaitu Candi Semar yang menghadap ke Timur berhadapan dengan Candi Arjuna

CANDI GATOTKACA

Kelompok Candi Gatotkaca terfetak di kaki bukit Pangonan, tepatnya di sebelah baralt Telaga Balekambang. Pada awainya kelompok Candi Gatotkaca tediri dari 6 candi, yakni C. Sentyaki, C. Petruk, C. Antareja, C. Sadewa dan C Gantutkaca itu sendiri.
Berdasarkan arsitekturnya Candi Gatotkaca dibangun setelah Candi Srikandi. Hal ini nampak dari cara penempatan tangga, kaki, jumiah relung, denah bangunan dan denah atap tingkat yang menyerupai Candi Srikandi.
Candi Gatotkaca memiliki kala-makara berupa wajah raksasa yang menyeringai tanpa rahang bawah

CANDI BIMA

Kelompok Candi Bima terletak sekitar 750 meter kearah selatan Candi Gatotkaca, pada awalnya merupakan gugusan candi-candi, namun demikian saat ini hanya tinggal satu - satunya yang tersisa yakni Candi Bima. Candi Bima berdiri kokoh menghadap ke arah Timur, dan memiliki keistimewaan berupa bidang-bidang tingkatnya dihiasi dengan relung-relung yang melengkung dan didalamnya terdapat Kepala tokoh Dewa (Kudu)

CANDI DWARAWATI

Kelompok Candi Dwarawati terletak paling diantara Candi-candi Dieng, didirikan di lereng bukit Perahu. Di lokasi ini dahulu terdapat dua candi Dwarawati dan Parikesit dan pernah di restorasi, Tahun 1955 dan Tahun 1980. Candi Dwarawati mempunyai denah berukuran 5,3 m X 5,3 m. Candi ini mirip dengan Candi Gatotkaca. Lokasinya berjarak 1 Km dari kawasan Candi Arjuna

Posting Komentar

0 Komentar