Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kampung Batik Semarang

Lokasi Kampung Batik Semarang tidak jauh dari Bundaran Bubakan, Semarang Tengah. Bagi yang belum tahu Bundaran Bubakan, bundaran ini cukup dekat dari pusat kota Semarang. ika Anda dari Pasar Johar, Anda cari saja jalan yang menuju arah Jalan Patimura atau Dr Cipto. Sedang jika Anda dari Simpang Lima, bisa menuju Jalan MT Haryono, terus saja ke arah Pasar Johar.Setelah sampai Bundaran Bubakan arahkan kendaraan ke arah Jalan Patimura.

Sebelum masuk Jalan Patimura, Anda akan melihat Hotel Djelita, tidak jauh di sebelah kirinya ada gapura cukup besar, dan ada plang bertuliskan Jl. Batik. Begitu masuk jalan tersebut memang tidak langsung terlihat aktifitas membatik. Anda bisa tanya dimana lokasi Balai Batik Semarang pada masyarakat sekitar, tidak jauh dari tempat itu Anda akan melihat tempat produksi batik, baik di rumah yang dijadikan work shop atau show room maupun di Balai Batik Semarang. Pengrajin batik di Kampung Batik Semarang. Masing-masing tempat usaha ada yang memiliki lebih dari 10 orang karyawan, ada pula yang hanya sekitar 5 karyawan.

Sedangkan di Semarang secara keseluruhan, ada sekitar 20 pengrajin batik motif Semarangan, dengan sekitar 600 motif batik khas Semarangan yang telah dikembangkan. Untuk motifnya hampir sama dengan batik Pekalongan yang menonjolkan flora dan fauna sebagai motif utama. Namun dalam perkembangannya, batik Semarangan lebih condong ke budaya China.

Sedangkan batik Pekalongan lebih terpengaruh budaya Belanda. Perbedaan lain yang tampak jelas adalah dengan adanya perpaduan warna yang digunakan. Ciri khas lain batik Semarangan adalah mengusung motif icon Kota Semarang. Seperti Gedung Lawang Sewu, Tugu Muda, dan buah asam.

Posting Komentar

0 Komentar