Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Belanda Harus Kalahkan Jerman dan Portugal

KHARKIV - Akibat kalah dari Denmark 1-0, langkah Belanda lolos dari fase Grup B Piala Eropa kian berat. Untuk lolos, De Oranje harus mengalahkan dua tim berat lainnya, Jerman dan Portugal.

Pelatih tim nasional Belanda, Bert van Marwijk, sangat menyesali kekalahan timnya. Meski kalah, mantan pelatih Feyenoord Rotterdam itu menegaskan bahwa perjuangan timnya belum berakhir.

’’Kami bermain penuh determinasi dan saya pikir kami bermain lebih baik daripada lawan, tapi Anda harus mencetak gol. Saya menolak ‘lempar handuk’. Kami harus mengalahkan Jerman. Kami sudah pernah melakukannya sebelumnya,’’ujar Van Marwijk.

Denmark berhasil mengantongi tiga poin setelah mengalahkan Belanda 1-0 pada laga perdana Grup B Piala Eropa di Metalist Stadium, Sabtu (9/6). Gol semata wayang Denmark dicetak gelandang Michael Krohn-Dehli pada menit 24.

Dalam laga itu, Belanda klaim penalti setelah pemain Denmark melakukan handsballdi kotak terlarang. Namun, wasit tak memberikannya.

’’Itu jelas penalti dan kami mungkin mendapat hasil imbang. Ada empat, lima, atau enam pemain kami yang punya peluang, dan wasit juga punya peluang,’’ sindir Van Marwijk. Kekalahan itu memaku Belanda di dasar klasemen Grup B dengan poin nol.

Adapun Tim Dinamit dan Jerman berada di puncak klasemen dengan tiga poin. Pada laga berikutnya di Metalist Stadium, Tim Oranye akan menantang Der Panzer 13 Juni. Menghadapi Jerman, Belanda diperkirakan tak diperkuat playmaker, Wesley Sneijder karena cedera.

Sneijder mengungkapkan, dirinya saat ini tengah menderita cedera lutut usai bertanding melawan Denmark. ’’Saya memiliki beberapa masalah di belakang lutut,’’ kata Sneijder. Kekecewaan serupa juga diungkapkan Kapten tim nasional Belanda, Mark van Bommel.

Menurut mantan gelandang AC Milan itu, akibat kekalahan tersebut dirinya mengaku kehilangan kata-kata. Hal itu karena hasil sempurna di laga pertama sangat berarti bagi timnya.

Banyak Peluang

Van Bommel bertekad membayarnya pada dua laga tersisa. ’’Saya berdiri di sini dan tak mampu berkata-kata. Kami menciptakan banyak peluang dan tiga poin sangat penting diraih. Rasanya aneh kami kalah,’’ujar Van Bommel. Bommel mengaku timnya bermain sangat baik namun gagal meraih kemenangan. ’’Saya lebih baik bermain buruk dan menang 1-0.

Ini bukan hanya karena satu pemain, tapi bahkan lima pemain mendapat peluang bagus,’’tuturnya. Belanda masih berkesempatan mendulang poin di laga berikutnya melawan Jerman dan Portugal. Van Bommel menegaskan, De Oranje harus menyapu bersih kemenangan di laga tersisa demi lolos ke babak perempat final.

’’Kami harus memenangi dua laga itu. Ya, kami tidak punya pilihan lain,’’ katanya gelandang yang akan memperkuat PSV Eindhoven mulai musim ini.

Posting Komentar

0 Komentar