Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kue Mangkuk untuk Segala Suasana

JIKA tak sedang ingin menyantap hidangan besar yang membuat perut penuh, pilihan bisa jatuh pada kudapan yang pas di perut. Tidak terlalu sedikit, tapi juga tak terlampau membuat perut kekenyangan. Salah satu jenis kudapan manis yang populer adalah pancake (kue panekuk, atau kue dadar).

Kue yang bentuknya menyerupai mangkuk ini, awalnya merupakan makanan khas Eropa Timur. Di sana, dijadikan sebagai makanan tradisi pada Shoure Tuesday (Pancake Tuesday), yakni perayaan sehari menjelang Paskah. Kue yang dipanggang di atas pan (wajan ceper) ini, memang memiliki resep, cara konsumsi dan ragam penyajian yang berbeda di berbagai negara.

Selain sebagai tradisi Shoure Tuesday di Eropa Timur, bisa hadir sebagai sarapan, menu utama, hidangan penutup (dessert), atau makanan selingan di sore hari. Cara penyajiannya pun bisa dengan toping manis seperti buah-buahan atau saus cokelat, keju dan eskrim. Gurih atau pedas seperti tuna, bacon atau seafood. Disajikan satu tangkup, dua tangkup, dan dengan tekstur tipis ataupun tebal.

Di Semarang, tak sulituntuk menemukan restoran atau kafe yang menyediakan pancake. Seperti “Mr. Pancake” di jalan Taman Beringin 10, yang baru saja hadir pekan lalu. Restoran ini menyediakan jenis pilihan menu sangat beragam, dengan harga yang variatif, mulai Rp 20 - 30 ribuan. Mulai dari original, dengan toping manis seperti cokelat, eskrim, buah-buahan, kopi krim dan tiramisu. Serta rasa ‘gurih’ dengan pilihan isi tuna, ayam, daging sapi dan prawn (udang).

Yang menjadi andalan adalah Durian Pancake, dengan toping saus durian, eskrim vanila dan taburan kacang almond. Anda juga bisa mencoba “Pancake House”, kafe yang berada di jalan Karangrejo 103 Semarang ini, menyediakan beragam pilihan menu, dengan harga yang sangat terjangkau, mulai Rp 5 - 13 ribu. Bagi yang tak ingin terlalu kekenyangan, bisa memilih pancake single (satu tangkup), dan bagi yang ingin menikmati porsi besar, bisa memesan double (dua tangkup). Banana Choco Cheese Pancake adalah menu yang paling laris di kafe yang menjadi langganan para mahasiswa ini.

Selain di Pancake House atau Mr. Pancake, beberapa restoran/ kafe yang juga menyediakannya di daftar menu dessert-nya antara lain S 2, Koenokoeni (jalan Tabanan), Basilia (Mall Ciputra), Stove Syndicate (Ngesrep Timur), Oasis (jalan Tumpang), Nyonya Kopi Tiam (foodcourt Mal Paragon), Urban Bistro (jalan Veteran), Lemon Tea (jalan Atmodirono), Paris van Java (jalan Singosari) dan Fragola (jalan Singosari). Cukup banyak bukan, pilihannya. Anda bisa mulai berburu pancake sebagai alternatif makanan yang mengenyangkan perut, atau hanya sebagai teman pengisi waktu senggang sambil menikmati sore hari.

Posting Komentar

0 Komentar