Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Willems Catat Rekor Pemain Termuda

KHARKIV - Usang sudah rekor yang dibuat legenda sepak bola Belgia, Enzo Scifo, sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Euro.

Adalah bek muda Belanda, Jetro Willems, yang melakukannya semalam saat De Oranje menghadapi Denmark dalam laga pembuka Grup B di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina.

Willems baru berusia 18 tahun 71 hari. Ia masuk timnas menggantikan Erik Pieters yang cedera.

Tampilnya Willems memecahkan rekor milik Scifo, yang sudah bertahan selama 28 tahun. Di Euro 1984, Scifo yang kala itu berumur 18 tahun 115 hari, tampil di laga debutnya bersama Belgia melawan Yugoslavia di fase grup.

Pemanggilan Willems di timnas Belanda merupakan kejutan karena dia tidak diperhitungkan sebelumnya. Namun, dia menunjukkan performa apik selama tampil 20 kali bersama PSV Eindhoven di Eredivisie musim lalu.

Ada alasan menarik mengapa ia memilih bermain di lini belakang. Willems benci kekalahan. Ia ingin tampil sebagai pemain terakhir dan menjaga timnya agar tidak kebobolan.

’’Saya sangat cepat, jadi saya selalu turun ke belakang dengan gesit menghentikan pemain lawan mencetak gol. Saya menjadi bek bukan lantaran saya tak cukup baik dalam menyerang, melainkan karena saya senang menggagalkan serangan,’’ terang Willems menjelang keberangkatan ke Polandia-Ukraina.

Starter

Dalam pertandingan semalam, Robin van Persie mendapat kepercayaan dari Bert van Marwijk untuk masuk dalam starting line-up.

Ia dipercaya karena sukses mencetak dua gol dan dua assist saat De Oranje menang 6-0 atas Irlandia Utara pada akhir pekan lalu. Selain itu, di klubnya Arsenal, dia juga tajam, yakni mencetak 30 gol. Satu gol lebih banyak dibanding raihan Huntelaar di Bundesliga.

Sementara bagi Huntelaar, keputusan Van Marwijk yang tidak menjadikannya starter saat lawan Tim Dinamit itu bisa diterima. Ia mengatakan itu setelah Belanda menggelar latihan terakhirnya sebelum terbang ke Polandia, pekan lalu.

“Saya sudah mengatakan bahwa saya kecewa dan marah. Sekarang saya memilih diam dan terus berlatih keras. Tidak ada artinya untuk mengatakan apa-apa lagi,” ungkap The Hunter waktu itu.

Posting Komentar

0 Komentar