Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Turun, Tarif Sumbangan Masuk Jalur Ujian Mandiri

SEMARANG - Kabar gembira bagi lulusan SMA/SMK/MA yang berminat masuk Undip dan Unnes melalui jalur mandiri. Tahun ini, tarif sumbangan masuk di kedua perguruan tinggi negeri tersebut justru turun.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, kebijakan menurunkan sumbangan masuk perguruan tinggi ini terkait adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN). Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini sebesar 10% dari unit cost atau biaya pendidikan tinggi.

"Pengurangan biaya sumbangan masuk ini tidak hanya kami berlakukan pada SNMPTN saja, tapi juga bagi mereka yang diterima melalui jalur Ujian Mandiri. Hal ini semata untuk mengurangi beban mahasiswa baru," ujarnya, Kamis (13/6).

Disinggung berapa penurunannya, terang Sudharto, tidak bisa disamaratakan. Fakutas Kedokteran misalnya, tahun lalu Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) mencapai Rp 125 juta, tapi kini turun Rp 5 juta. Lain halnya dengan SPMP di Fakultas Hukum yang turun sekitar Rp 2,5 juta.

Adapun tahapan jalur UM di Undip dimulai dengan pendaftaran pada 8-19 Juli. Pendaftaran dilakukan semi online melalui situs http://um.undip.ac.id. Ujian dilaksanakan pada 22 Juli dan diumumkan 27 Juli.

Posting Komentar

0 Komentar