-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

Terkait Tari Tor-Tor, Klaim Malaysia Tak Dibahas UNESCO


JAKARTA - Ketua Komisi X DPR yang membidangi kebudayaan, Agus Hermanto menegaskan bahwa klaim Malaysia terhadap Tari Tor-Tor dan alat musik Gondang Sembilan tidak akan dibahas dalam rapat pleno UNESCO.

Menurutnya, rapat pleno UNESCO yang akan digelar 29 Juni mendatang hanya membahas usulan warisan kebudayaan dari 24 negara, termasuk usulan sistem perairan Subak yang diusulkan Indonesia.

"Namun dari 24 usulan itu, tidak ada usulan dari Malaysia. Jadi Tari Tor-Tor dan Gondang Sembilan itu tidak mungkin dibawa di sidang UNESCO untuk diklaim sebagai warisan budaya mereka," ujar Agus di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/6).

Kendati demikian, politikus dari Fraksi Partai Demokrat ini menyatakan, Komisi X akan mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif segera melakukan inventarisasi terhadap kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia yang selama ini belum dikenal luas oleh publik.

"Nanti akan kami tentukan bersama dengan pemerintah termasuk kriteria dan model seperti apa yang menjadi warisan budaya nusantara, dan kami publikasikan," imbuhnya.

Sebelumnya, Kantor Berita Malaysia, Bernama melansir berita bahwa Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim berencana mendaftarkan Tari Tor-Tor dan alat musik Gondang Sembilan yang merupakan budaya masyarakat Sumatera Utara menjadi warisan budaya Malaysia dalam Akta Warisan Kebangsaan Malaysia.

Posted by @koranwawasan on Senin, Juni 18, 2012. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Terkait Tari Tor-Tor, Klaim Malaysia Tak Dibahas UNESCO"

Leave a reply