-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

SMS Gratis Antar Operator Dihentikan Hari Ini


JAKARTA - Layanan pesan singkat (SMS) gratis antar operator dihentikan mulai hari ini, Jumat (1/6).

"Kami memutuskan bahwa biaya terminasi SMS adalah Rp 23 per SMS untuk pengiriman satu operator ke operator lain," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, di Jakarta, Kamis (31/5) malam.

Keputusan tersebut diambil, menurut Tifatul, karena saat SMS antaroperator gratis terjadi peningkatan SMS spam atau SMS yang tidak dikehendaki.

"Dulu memang gratis, tapi yang terjadi adalah penggunaan untuk kegiatan negatif seperti spam dan penipuan. Pengenaan biaya sudah disepakati oleh Asosiasi Telepon Seluler Indonesia," katanya.

Menurutnya, apakah operator akan mengenakan biaya Rp23 kepada pelanggan, diserahkan kepada operator. "Keputusan ini bisa berdampak pada pengguna, tergantung pada kebijakan operator apakah mau mengenakan biaya. Mungkin bisa saja Rp 50 atau Rp 100 kepada penggunanya," jelas Tifatul.

Keputusan ini diambil untuk keadilan. Karena ada operator dengan pelanggan yang amat besar. Tifatul mencontohnya, sebuah operator memiliki lima juta pelanggan. Sedangkan operator B punya 100 juta pelanggan dan jaringan luas. "Masa digratiskan terus? Harus ada yang membayar layanan SMS tersebut," katanya.

Dia menegaskan, SMS dengan operator yang sama tetap gratis. "Keputusan ini untuk keadilan dan mengurangi keluhan masyarakat terhadap spam. Memang tidak dapat menghilangkan tapi setidaknya mengurangi," tegasnya.

Posted by @koranwawasan on Jumat, Juni 01, 2012. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "SMS Gratis Antar Operator Dihentikan Hari Ini"

Leave a reply