Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Siswa SMA Sula Kampanyekan Bahaya Merokok

JEPARA - Makin banyaknya remaja yang sudah mulai merokok membuat siswa SMA Sultan Agung (Sula) 2 Kalinyamatan Jepara unjuk keprihatinan.

Bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati kemarin, para siswa SMA Sula turun ke jalan raya Jepara-Demak untuk mengampanyekan antimerokok kepada pengguna jalan.

Ketua OSIS SMA Sula Minan Sukri mengatakan, kegiatan itu dilakukan dengan melakukan orasi ilmiah untuk mengajak masyarakat di Jepara menjauhi merokok.

Mereka beraksi di jalan raya di depan sekolah mulai sekitar pukul 09.30, sambil membagikan stiker dan selebaran kepada pengguna jalan yang melintas terkait ajakan menjauhi rokok.

Dalam penjelasan di orasi tersebut dijelaskan rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk 43 bahan penyebab kanker yang telah diketahui, sehingga lingkungan yang terpapar dengan asap tembakau juga dapat menyebabkan bahaya kesehatan serius.

Danang Dwi Arfianto, guru pendamping menambahkan, kegiatan itu sesuai dengan slogan sekolah ‘’Sekolah Bebas Rokok dan narkoba’’.

Dia mengaku sangat serius mengawasi siswa siswinya terkait kebiasaan rokok. ‘’Jangan sampai ada satu punting rokok yang masuk ke sekolah. Larangan untuk tidak merokok memang sangat ditekankan di sini dan sekolah tidak segan mengambil tindakan tegas bagi yang kedapatan merokok,’’ ucap Danang.

Selain dengan slogan dan imbauan yang terpasang di dinding, kata Danang, pihak sekolah juga seringkali membebankan kepada siswa untuk membuat artikel tentang kesehatan termasuk tentang bahaya merokok.

Posting Komentar

0 Komentar