Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Semburkan Abu Vulkanik, Gunung Marapi

BUKITTINGGI - Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyemburkan abu vulkanik pada Minggu (17/6).

"Semburan abu vulkanik terjadi sekitar pukul 08.30 WIB dan berlangsung sekitar 10 menit. Kemudian gunung tidak lagi terlihat mengeluarkan abu," kata Mubarak, seorang warga Kubu Sawah Runciang, Nagari Sungaipuar, Kabupaten Agam, Minggu (17/6).

Menurut dia, abu vulkanik dari gunung yang memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, diperkirakan setinggi 500 meter dari puncak kawah. "Abu vulkanik tersebut jatuh disekitar lereng gunung," katanya.

Sebelum menyemburkan abu vulkanik, menurut dia, gunung api itu sekitar pukul 07.25 WIB terlihat mengeluarkan asap putih tipis setinggi 50 meter dari puncak kawah.

Ia menyebutkan, sejak peningkatan status gunung terjadi pada 3 Agustus 2011, gunung hampir tiap hari menyemburkan asap putih dan abu vulkanik.

Saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi masih menetapkan status gunung waspada level II.

"PVMBG masih merekomendasikan gunung waspada level II dan melarang masyarakat mendaki lebih dari 3 kilometer dari puncak," ujar seorang petugas PVMBG, Warseno.

Posting Komentar

0 Komentar