-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

Selassie Jadi Korban Rasis


WROCLAW - Rusia sukses mengatasi Republik Ceko dengan skor meyakinkan, 4-1, dalam pertandingan kedua Grup A.

Sayang, kemenangan itu diwarnai dengan tindakan rasial fans mereka terhadap pemain Ceko Theodor Gebre Selassie. Karena itu, UEFA pun bergerak cepat untuk menyelidiki kasus tersebut.

Dilansir oleh Guardian, Direktur Eksekutif FARE (organisasi yang bertugas mengawasi segala bentuk tindakan rasisme di sepak bola Eropa), Piara Powar, mengatakan bahwa tindakan rasis yang dilakukan fans Rusia tersebut muncul ketika Selassie hendak melakukan sepak pojok.

Powar menambahkan bahwa selain menirukan suara monyet, beberapa suporter Rusia tersebut juga didapati mengibarkan bendera Kekaisaran Rusia sebagai simbol ultra nasionalisme sayap kanan radikal di Rusia.

“Saat ini kami tengah mencari bukti terkait tindakan rasis para suporter tersebut dan akan segera melaporkannya kepada UEFA,” ujar Power.

UEFA Bertindak

Badan UEFA yang mengatur masalah ini memutuskan untuk bertindak dan telah membuka kasus indisipliner ini terhadap Federasi Sepak Bola Rusia (RFS).

“Setelah melihat laporan keamanan dan gambar yang tersedia, UEFA hari ini mengumumkan bahwa proses indisipliner telah dibuka terhadap RFS untuk perilaku pendukung mereka yang mengganggu banyak orang,” demikian pernyataan resmi dari UEFA.

Mendapat sortan dari UEFA, RFS pun meminta suporter Rusia yang berada di Polandia untuk menjaga kelakuannya. Hal itu demi nama baik negara dan timnas.

“Federasi dan Timnas Rusia memohon agar semua fans sejati menentang aksi-aksi provokatif para hooligan itu, dan bekerja sama penuh dengan penyelenggara pertandingan jika dimintai keterangan oleh pihak keamanan,” demikian pernyataan resmi RFS.

“Kami memohonkan ini kepada seluruh fans. Ingat, kalian mewakili negaramu. Hormati diri kalian, tanah air, dan tim kalian,” lanjut federasi, seperti dikutip Reuters.

Posted by @koranwawasan on Senin, Juni 11, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Selassie Jadi Korban Rasis"

Leave a reply