Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Program Sehari Tanpa Nasi Digencarkan Pemerintah

JAKARTA - Kementerian Pertanian akan terus mengembangkan program One Day No Rice (sehari tanpa nasi) ke seluruh Tanah Air sebagai upaya percepatan kegiatan diversifikasi pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Achmad Suryana, mengatakan program ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat ketergantungan pada nasi atau beras sebagai pangan pokok masyarakat.

"Melalui program One Day No Rice ini masyarakat diminta untuk mengurangi konsumsi nasi dari beras sebagai makanan pokok dan mulai mengganti dengan makanan pokok lain dengan bahan dari jenis umbi-umbian," katanya.

Menurutnya, selama ini, pemerintah telah berusaha keras mengubah pola konsumsi pangan masyarakat dengan tujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat ke arah pola makan yang beragam, bergizi seimbang, aman dan halal. Selai itu, program ini diharapkan menurunkan rata-rata konsumsi beras per kapita sebesar 1,5 persen per tahun.

Achmad menjelaskan, tingkat konsumsi beras per kapita Indonesia sebesar 139 kg per tahun. Sementara untuk konsumsi kelompok padi-padian (beras, jagung dan terigu) rumah tangga sebesar 316 per gram per kapita per hari. Padahal menurut Standar Pola Pangan Harapan (PPH) seharusnya 275 gram per hari saja.

Posting Komentar

0 Komentar