Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pancaroba, Keong Mulai Serang Padi

KLATEN - Memasuki pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau, petani di beberapa wilayah Kabupaten Klaten mulai dipusingkan dengan serangan hama keong emas.

Hama itu dengan cepat menetas dan memakan batang padi muda sehingga sebagian mati. Menurut petani warga Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari—Supardi—serangan hama itu sudah muncul sejak sekitar dua pekan lalu.

’’Jumlahnya banyak dan sulit diatasi dengan obat,’’ katanya. Dikatakan hama tersebut menyerang pada bagian batang sehingga padi rusak dan mati. Tanaman padi yang diserang biasanya masih berumur 15-20 hari. Berbagai cara telah dilakukannya untuk membasmi keong yang jumlahnya banyak.

Namun hingga kini serangan hama keong masih melanda. Petani sudah menyemprotkan obat insektisida, namun keongnya tidak mati. Mulanya hanya beberapa bagian sawah yang diserang keong. Namun dalam hitungan hari, keong tersebut sudah menyebar.

Cara yang efektif saat ini hanya dengan diambil. Sebagian digunakan untuk campuran pakan itik dan sebagian dijual untuk bahan makanan. Serangan itu terjadi diduga karena selain masa penetasan telur keong juga dipicu masih adanya air di lahan desanya.

Posting Komentar

0 Komentar