-->
..:: Siaran Bola Live : Minggu (13/5), 01.00 WIB —Final Piala Jerman Dortmund Vs Bayern (RCTI) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Sociedad Vs Valencia (TV One) | Minggu (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Betis Vs Barcelona (TV One) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Man City Vs QPR (MNC TV) | Minggu (13/5), 21.00 WIB —Liga Inggris Sunderland Vs Man United (Global TV) | Senin (14/5), 01.45 WIB —Liga Italia Lazio Vs Inter Milan (Indosiar) | Senin (13/5), 01.00 WIB —Liga Spanyol Madrid Vs Mallorca (TV One) ::..
|

Pancaroba, Keong Mulai Serang Padi


KLATEN - Memasuki pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau, petani di beberapa wilayah Kabupaten Klaten mulai dipusingkan dengan serangan hama keong emas.

Hama itu dengan cepat menetas dan memakan batang padi muda sehingga sebagian mati. Menurut petani warga Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari—Supardi—serangan hama itu sudah muncul sejak sekitar dua pekan lalu.

’’Jumlahnya banyak dan sulit diatasi dengan obat,’’ katanya. Dikatakan hama tersebut menyerang pada bagian batang sehingga padi rusak dan mati. Tanaman padi yang diserang biasanya masih berumur 15-20 hari. Berbagai cara telah dilakukannya untuk membasmi keong yang jumlahnya banyak.

Namun hingga kini serangan hama keong masih melanda. Petani sudah menyemprotkan obat insektisida, namun keongnya tidak mati. Mulanya hanya beberapa bagian sawah yang diserang keong. Namun dalam hitungan hari, keong tersebut sudah menyebar.

Cara yang efektif saat ini hanya dengan diambil. Sebagian digunakan untuk campuran pakan itik dan sebagian dijual untuk bahan makanan. Serangan itu terjadi diduga karena selain masa penetasan telur keong juga dipicu masih adanya air di lahan desanya.

Posted by @koranwawasan on Senin, Juni 18, 2012. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Pancaroba, Keong Mulai Serang Padi"

Leave a reply