Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kinerja KPK Dinilai Lamban Soal Century

JAKARTA - Anggota Komisi Hukum DPR, Bambang Soesatyo menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menuntaskan kasus bailout Bank Century mengecewakan.

Pasalnya, hingga kini penyelesaian kasus tersebut masih jauh dari harapan publik, meski keterangan para ahli yang diminta KPK sudah mengarah pada adanya perbuatan melawan hukum pada kasus tersebut

"Sudah hampir tiga tahun kasus Century jalan ditempat. Hingga kini status kasus Century belum juga ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Skandal keuangan terbesar paska reformasi ini memang tergolong kasus yang 'sensitif' karena diduga melibatkan banyak tokoh penting," katanya.

Dikatakan, rakyat akan selalu mempertanyakan akhir penanganan kasus tersebut, selama belum ada penuntasan kasus tersebut.

Ini adalah kehendak politik rakyat, lantaran di ruang publik sudah ada data dan fakta yang terungkap, mulai dari temuan penyimpangan hingga indikasi kerugian negara, baik oleh BPK maupun Pansus DPR.

Menurut Bambang, ‘kekuatan kekuasaan’ yang tidak terlihat menjadi hambatan KPK dalam menyelesaikan kasus tersebut.

"Saya melihat sebenarnya ada pimpinan KPK yang berani menuntaskan skandal ini, tapi sayangnya ada juga yang ragu-ragu. Menuntaskan proses hukum skandal Century memang sangat berat dan penuh tantangan.

Kita harus realistis untuk mengakui bahwa KPK sedang berhadapan dengan kekuatan besar," sesalnya.

Dia menuturkan, kalau sudah begini, kesolidan antarpimpinan KPK akan menjadi kunci penuntasan kasus tersebut.

"Penuntasan skandal Bank Century adalah tugas bersejarah bagi KPK. Maka, lagi-lagi perlu diingatkan bahwa soliditas kepemimpinan KPK menjadi faktor kunci," tandas politikus Golkar ini.

Posting Komentar

0 Komentar