Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Donald Sutherland Mendapat Penghargaan dari Pemerintah Prancis

AKTOR senior Donald Sutherland dianugerahi penghargaan Commander of the Arts oleh pemerintah Prancis atas segala sumbangsihnya kepada dunia perfilman selama ini.

Sutherland mendapatkan anugerah itu pada Sabtu malam kemarin, dalam sebuah upacara yang berlangsung khidmat yang diberikan oleh mantan Menteri Kebudayaan Prancis Frederic Mitterrand.

Frederic mengatakan, aktor asal Kanada itu telah memberikan sesuatu yang sangat luar biasa dalam karier panjangnya di sejumlah peran yang sangat beragam, seperti berlakon sebagai sosok Federico Fellini dalam film berjudul Casanova.

Ada nuasan keharuan, ketika Frederic Mitterrand menyematkan medali penghargaan itu kepada aktor berusia 76 tahun tersebut. Meski sudah tua, dia masih setia memelihara rambut perak sebahu. Bahkan dia baru saja turut berlakon dalam film blockbuster The Hunger Games.

Setelah menerima penghargaan itu, Sutherland mengaku sangat mencintai negara Prancis sekaligus berterima kasih kepada istrinya yang memang berbahasa Prancis karena telah memperkenalkan kebudayaan Prancis kepadanya.

“Bukan hanya kebudayaan Prancis yang sangat saya sukai, tapi juga kejunya,” kata dia berkelakar seperti ditulis Associated Press, Senin (11/6).

50 Tahun

Donald McNichol Sutherland, OC, tercatat telah merentang kariernya di dunia keaktoran selama 50 tahun. Beberapa filmnya yang sangat dikenang publik di antaranya The Dirty Dozen, MASH, Kelly’s Heroes, JFK, dan Ordinary People.

Dia adalah ayahanda aktor Kiefer Sutherland. Commandeur of the Ordre des Arts et des Lettres bukanlah penghargaan kali pertama yang dia terima. Pada 1978, dia juga menerima Order of Canada, Canada’s Walk of Fame (2000), dan penghargaan bergengsi seperti Golden Globe Award untuk Best Supporting Actor —Series, Miniseries or Television Film, Path to War, dan gelar doktor kehormatan atau Honorary Doctor of Letters (Humanities), dari Lakehead University pada 2008.

Posting Komentar

0 Komentar