Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Daya Tampung PTN Ditambah 10 Persen

JAKARTA - Daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan ditambah 10%. Hal itu akibat jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2012 bertambah sekitar 14,39%.

“Semua rektor PTN sudah berkumpul dan bersepakat menambah daya tampung PTN plus minus 10%,” kata Ketua Panitia Pusat SNMPT 2012 Akhmaloka, saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kemarin.

Meski demikian, dia belum dapat memastikan berapa jumlah pasti tambahannya, karena semua kembali pada kemampuan masing-masing PTN. “Meskipun angka pasti belum keluar dan belum pasti 16.000 mahasiswa.

Bisa jadi 15.000 atau bisa juga 17.000 mahasiswa. Kami sampaikan kepada seluruh rektor, mana saja yang dapat ditambah, jurusan apa saja yang dapat ditambah,” ungkapnya.

Sebagai Informasi, SNMPTN kali ini total jumlah peserta yang mendaftar meningkat sekitar 14,39% dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun lalu jumlah yang mendaftar sebanyak 540.953 orang, untuk tahun 2012 sebanyak 618.804 calon mahasiswa. Padahal, rencana awal daya tampung PTN 2012 hanya 164.197 mahasiswa.

Secara Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, penambahan daya tampung dilakukan secara nasional, namun bukan berarti setiap PTN dapat menambah kuota 10%.

“Kami bicara secara nasional 10%. Ada PTN yang bisa menambah 10%, ada yang sanggup 9%, namun ada yang bisa 12%. Tapi, total nasionalnya 10%. Itu prinsipnya,” ungkapnya.

Dengan penambahan daya tampung tersebut, akan ada konsekuensi yang harus ditanggung, yakni terkait dengan infrastruktur dan tenaga pengajar. Pihaknya berjanji akan memperbaiki hal tersebut. Pasalnya, komitmen dari pendidikan nasional adalah meningkatkan volume dan kualitas pendidikan.

“Di perguruan tinggi bisa dengan mengoptimalkan infrastruktur, karena kuliah itu tidak duduk di kelas pukul 07.00 - 14.00. Dosen juga masih dioptimalkan untuk penugasan,” tutur mantan Menkominfo itu.

Menurutnya, sisi positif dari penambahan daya tampung adalah membuka akses bagi anak lulusan SMA untuk masuk ke perguruan tinggi. Dia yakin tidak akan ada pihak mana pun yang menolak kebijakan penambahan daya tampung tersebut.

“Dengan menambah daya tampung semakin memperluas kesempatan bagi adik-adik kita untuk masuk ke pendidikan tinggi. Pendaftarnya saja untuk tahun ini bertambah 14%, jadi daya tampung pun harus ditambah. Persyaratan sarana dan prasarana serta penambahan dosen akan kami perjuangkan,” ujar Nuh.

Posting Komentar

0 Komentar