Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

803 Peserta Tak Hadiri SNMPTN

SOLO - Sebanyak 803 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 tak hadir dalam pelaksanaan ujian hari pertama yang digelar oleh Panitia Lokal (Panlok) 44 Surakarta, Selasa (12/6).

Menurut Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS mengemukakan, dari 18.740 pendaftar SNMPTN di Panlok Surakarta, hanya 17.937 orang yang hadir.

Mereka mengikuti ujian di 935 ruang yang tersebar di 49 lokasi. ”Ada beberapa kemungkinan penyebab mereka tidak hadir dalam ujian hari pertama.

Di antaranya mungkin mereka sebenarnya sudah diterima di jalur SNMPTN undangan tetapi tetap mendaftar dan kemudian tak datang ujian karena hari ini juga heregistrasi untuk jalur undangan,” papar Prof Ravik saat jumpa pers seusai meninjau pelaksanaan ujian tulis SNMPTN, (12/6). Rektor mengungkapkan, peminat SNMPTN 2012 melalui jalur tulis di Seluruh Indoenesia yang memilih UNS sebanyak 43.301.

Jumlah tersebut terdiri atas 19.183 peserta yang memilih UNS sebagai pilihan pertama, 20.130 pada pilihan kedua dan 3.988 pada pilihan ketiga. Pada bagian lain, Rektor mengemukakan tidak ditemukannya indikasi kecurangan seperti halnya praktik perjokian dalam pelaksanaan seleksi tersebut.

Menurutnya, panitia telah memberlakukan prosedur tetap (protab) yang sangat ketat. Misalnya, tas peserta wajib diperiksa oleh pengawas dan ruangan dikunci sebelum ujian sehingga tidak ada peluang untuk memasukkan contekan maupun lainnya.

Hanya saja, panitia sempat menaruh waspada terhadap 133 peserta yang foto diri dalam dokumen maupun kartu peserta tidak jelas.

Posting Komentar

0 Komentar