Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

17 Agustus, Mobil Esemka Dideklarasikan

SOLO - Wakil Wali (Wawali) Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo optimistis, pada 17 Agustus 2012 Mobil Esemka Rajawali sudah dideklarasikan sebagai karya anak bangsa.

Demi mengapresiasi capaian itu, ia akan meminta Wali Kota Joko Widodo dan Sekda Budi Suharto menggunakan mobil tersebut saat berdinas.

“Pokoknya tanggal 17 Agustus (2012) sudah deklarasi. Pak Wali termasuk Pak Sekda juga gunakan Esemka,” ucap Wawali seusai menghadiri upacara bendera memeringati HUT ke-66 Pemkot di Stadion Sriwedri, Sabtu (16/6).

Hadir dalam peringatan tersebut Wali Kota, Muspida, dan jajaran pejabat Pemkot. Dalam kegiatan itu disajikan tarian tradisional, kemudian Wali Kota menyerahkan piagam penghargaan.

Wawali menyampaikan, hasil grafis uji emisi Esemka yang dirilis Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang menunjukkan kadar CO Esemka sudah satu koma sekian. Berarti sudah di ambang batas, tinggal HC-NOX yang belum ketahui.

Namun, saat pra uji emisi itu mobil Esemka Rajawali masih menggunakan body hand made seberat 2,4 ton, sehingga tetap memengaruhi tingginya emisi gas buang. “Hasil sementara inilah yang membuat kami optimistis, Esemka akan lolos uji emisi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Rudy itu mengakui, pihaknya masih mendapat beberapa catatan, di antaranya bobot mobil masih terlalu berat.

Karena itulah, pihak PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) telah menyiapkan body mobil full press yang jauh lebih ringan untuk dipasang saat mobil Esemka menjalani uji emisi.

“Dengan body full press ini berat mobil hanya 1,2 ton, sehingga emisi gas buang yang dihasilkan juga bisa lebih ditekan,” katanya.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan body baru untuk mobil Esemka tersebut.

“Sehingga kalau memang dibutuhkan untuk uji emisi body yang baru tinggal kami pasang,” terangnya.

Saat ini, mobil Esemka masih berada di BTMP Serpong Tangerang. Sementara hasil pra uji emisi dibawa ke Solo untuk diteliti lebih lanjut oleh teknisi Esemka.

Posting Komentar

0 Komentar