Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Selangkah Lagi, China Kawinkan Gelar

WUHAN - Tim Uber China menyelesaikan misi balas dendam dengan sempurna. Yu Yang dkk menang 3-0 atas Korea Selatan dalam final di Wuhan Sports Gymnasium, Sabtu (26/5).

Dengan hasil itu, Negeri Tirai Bambu sukses membalas kekalahan di partai puncak, dua tahun lalu, di Kuala Lumpur, Malaysia.

China juga berpeluang mengawinkan gelar lantaran tim Thomas mereka akan bertanding di final hari ini, juga menghadapi Korea. Kemenangan tuan rumah ditentukan tunggal kedua Wang Xin di partai ketiga.

Dia menang 21-10, 21-16 atas Bae Youn-joo dalam waktu 39 menit. Di partai pertama, Wang Yihan mengalahkan Sung Ji-hyun 14-21, 22-20, 21-13. Pasangan Yu Yang/Wang Xiaoli juga menang 21-15, 21- 13 atas Kim Min-jung/Ha Jung-eun.

"Dengan memenangi pertandingan pertama, laga selanjutnya tidak sulit. Jika kami kalah, kami akan kesulitan. Andai Wang Yihan tidak menang, saya tak tahu bagaimana hasil pertandingan keseluruhan," ujar pelatih tim Uber China, Li Yongbo.

Di final 2010, China harus mengakui keunggulan Korea setelah kalah 1-3. Saat itu, satu-satunya kemenangan Negeri Tirai Bambu dipersembahkan Wang Xin yang menundukkan Sung Ji-hyun.

Awal Dominasi

Berkat raihan itu, China juga semakin memantapkan status sebagai negara pengoleksi gelar kampiun Piala Uber terbanyak. Dalam 15 penampilan di final, mereka 12 kali menjadi juara.

Adapun final kemarin merupakan yang ketujuh bagi Korea. Sebelumnya mereka juga selalu bertemu China, yakni pada 1988, 1990, 1992, 2002, 2004, dan 2010. Hanya di final 2010 Korea sukses meruntuhkan dominasi rival bebuyutan.

"Kami kalah pada 2010 karena membuat banyak kesalahan. Kesalahan yang dibuat pemain berasal dari saya. Kesempurnaan saya tidak sempurna. Tapi hari ini kami tampil dengan sempurna," lanjut Yongbo. Dia menyebut pencapaian di Wuhan sebagai awal bagi tim putri China untuk kembali mendominasi dunia.

Pasalnya, pemain-pemain yang diandalkan merupakan tenaga muda. "Kami harus memulai dari awal lagi, tapi kami percaya pemain akan berkembang dengan cepat. Saya harap masa depan pemain baru akan dimulai dari sini," tandas Yongbo.

Sementara itu, tim Thomas China berpeluang mempertahankan gelar setelah menyingkirkan Jepang 3-0 di semifinal. Adapun Korea lolos dengan keunggulan 3-1 atas Denmark di babak empat besar.

Posting Komentar

0 Komentar