Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Juara, Guardiola Terima Kado Indah

MADRID - Barcelona memberi kado perpisahan yang indah bagi pelatih Pep Guardiola. Xavi Hernandez dkk merebut gelar juara Copa del Rey setelah menang 3-0 atas Athletic Bilbao dalam final di Stadion Vicente Calderon, Sabtu (26/5) dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus menandai berakhirnya era kepelatihan Guardiola bersama Los Azulgranas. Total 14 titel kampiun dia persembahkan selama empat musim menangani Xavi dkk. "Memenangi 14 titel juara dalam empat tahun sungguh sulit.

Tentu saja kami sangat puas," ujar Pep dalam konferensi pers seusai laga. Pedro Rodriguez menyumbang sepasang gol, masing-masing menit ke-3 dan 25, dalam pertandingan itu. Satu gol Barca lain dicetak Lionel Messi menit 20.

Dengan hasil tersebut, Los Azulgranas menjadi tim tersukses di Piala Raja yang telah digelar sejak 1902 tersebut. Mereka telah meraih 26 titel, mengungguli Bilbao (23) dan Real Madrid (18). Titel itu juga menjadi konsolasi bagi Xavi cs yang gagal dalam ajang lain musim ini.

Barca gagal mempertahankan trofi La Liga Spanyol dan Liga Champions. Bagi Pep yang mengumumkan mundur jauh-jauh hari, kemenangan dalam Copa del Rey itu bak perulangan sejarah. Dia memenangi trofi pertama bersama Barcelona dengan menjuarai turnamen ini pada musim 2008-2009. Di final, lawan Barca juga Bilbao.

Puji Messi

Setelah itu, Los Azulgranas menjadi penguasa kancah sepak bola Spanyol dan merajai Eropa. Dengan mengandalkan penguasaan bola dan operan satu- dua yang cepat, dikenal sebagai tiki-taka, Xavi cs merebut dua trofi Champions League.

Namun, Guardiola menyebut tak seluruh pencapaian anak-anak asuhannya merupakan hal yang luar biasa. Seiring waktu, Los Azulgranas mulai melakukan banyak kesalahan. "Ini adalah tahun-tahun terbaik. Kami membuat perkembangan dalam hal taktik.

Segalanya terasa penuh energi dan letupan-letupan," lanjut pelatih yang akan digantikan sang asisten, Tito Vilanova, itu. Dia tak luput memuji Messi. Menurut pria 41 tahun ini, Messi mungkin pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Dalam 60 pertandingan di semua kompetisi musim ini, Messi menciptakan 73 gol dan 28 assist. "Merupakan kehormatan besar menjadi pelatih dari pemain terbaik yang pernah saya lihat.”

Posting Komentar

0 Komentar