Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Jawaban Oranye

ROTTERDAM - Belanda menjawab kritik dengan performa apik saat menghadapi Slowakia. Mereka tak hanya menang dua gol tanpa balas, tapi juga sepenuhnya menguasai permainan.

Tim asuhan Bert van Marwijk menjamu Slowakia dalam uji coba di Stadion De Kuip, Kamis (31/5) dini hari WIB. Mereka masuk ke lapangan di bawah atmosfer kritik dari pengamat dan media massa lokal.

Dalam dua uji coba sebelumnya, tim Oranye kalah dari Bayern Munich dan Bulgaria. Van Marwijk pun mengaku senang dengan pencapaian anak-anak asuhannya.

“Ini benar-benar hal yang bagus. Kami bahkan seharusnya bisa mencetak gol lebih banyak. Tetapi, sebuah pertandingan persahabatan tak selalu bertujuan mencari kemenangan dengan skor telak,” terang pelatih berusia 60 tahun itu.

Kemenangan tuan rumah dibuka gol bunuh diri Kornel Salata menit ke-7. Umpan silang Ibrahim Afellay membentur Salata sebelum masuk ke gawang sendiri. Gol pemain pengganti Rafael van der Vaart menit 76 memastikan keunggulan De Oranje.

Van Marwijk menurunkan kekuatan terbaik sejak menit pertama dengan Robin van Persie berperan sebagai penyerang tunggal. Pada menit 68, Van Persie keluar digantikan Klaas-Jan Huntelaar.

Dibayar Mahal

Trio Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Afellay beroperasi di belakang striker. Mark van Bommel dan Nigel de Jong berdiri di depan kuartet bek Gregory Van der Wiel, John Heitinga, Wilfred Bouma, dan Stijn Schaars.

Malangnya, kemenangan itu harus dibayar mahal. Sneijder dan Bouma dirundung cedera sehingga harus ditarik keluar.

Bouma gagal terus bermain setelah berbenturan kepala dengan Heitinga menjelang jeda. Dia kemudian diganti Ron Vlaar.

Adapun Sneijder mengalami cedera engkel menit ke-51. Van Marwijk yang tak ingin mengambil risiko kemudian memasukkan Van der Vaart.

Sementara itu, Afellay yang baru pulih dari cedera mengaku gembira dengan comeback ke timnas. Apalagi dia juga berperan besar dalam kemenangan tim Oranye.

“Kembali seperti ini selalu memberi Anda banyak keyakinan. Saya memang tak menonton pertandingan terakhir melawan Bulgaria, namun saya mendengarkan banyak kritik yang datang,” tutur Afellay.

Setelah melawan Slowakia, Belanda akan menjalani uji coba terakhir melawan Irlandia Utara di Amsterdam, Sabtu nanti. Di Piala Eropa 2012, Van Bommel dkk tergabung di grup B bersama Jerman, Portugal, dan Denmark.

Posting Komentar

0 Komentar