Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Mushola di Purworejo di Terjang Ombak Besar

PURWOREJO - Ombak besar yang menerjang laut selatan dalam beberapa pekan terakhir mengakibatkan sebuah mushola di Pantai Keburuhan Kecamatan Ngombol Purworejo hancur.

Bangunan mushola itu sudah rata dengan tanah. Bukan hanya itu, keganasan ombak juga mengakibatkan bangunan TPI rusak. Sebagian pondasi sudah menggantung dan hanya tinggal menunggu waktu hancur.

Sejumlah warga yang ditemui mengungkapkan, abrasi di pantai tersebut semakin parah dampaknya setelah pintu masuk muara tertutup pasir. "Muaranya tertutup pasir. Istilah orang sedang terjadi pepet sawangan," katanya, Selasa (27/3).

Kades Keburuhan Suwito mengatakan, muara sungai Jali itu tertutup sejak sebulan terakhir. Akibat muara tertutup itu, ombak dari laut tidak punya jalan dan tabrakan dengan air dari sungai sehingga menerjang daratan.

Disebutkan, daratan yang sudah hilang lebarnya mencapai 50 meter dengan panjang hampir 500 meter. Masyarakat berharap pemerintah segera mengambil tindakan agar sejumlah bangunan, seperti warung, Pos TNI AL dan fasilitas MCK bisa terselamatkan.

"Kami berharap ada pemindahan alur sungai muara digeser ke sebelah barat Jeti. Dengan begitu daratan tempat aktifitas nelayan tidak tergerus abrasi terus," katanya.

Posting Komentar

0 Komentar