Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Sekolah Mulai Gelar Penjajakan UN

SEMARANG-Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April 2012 mendatang, Dinas Pendidikan Kota Semarang bersama sekolah mulai melakukan penjajakan atau uji coba latihan soal kepada para siswa. Kegiatan ini dilaksanakan agar siswa menjadi lebih siap dan sukses dalam mengerjakan UN nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengatakan, uji coba akan digelar empat kali dan secara bertahap. Penjajakan dimulai pekan ini di masing-masing satuan pendidikan, dari SD, SMP hingga SMA sedejarat.
’’Penjajakan UN tahap pertama dimulai pekan ini di semua jenjang. Dalam hal ini, dinas pendidikan berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk mempersiapkan proses tersebut,’’ katanya saat ditemui, Kamis (12/1).

Uji coba empat kali tersebut dibagi menjadi dua, yakni dua kali diselenggarakan dinas pendidikan dan MKKS, sedangkan dua lainnya oleh sekolah. ’’Namun sekolah boleh berinisiatif melakukan lebih dari dua kali, jika memang uji coba itu dibutuhkan oleh siswa,’’ tutur Bunyamin.

Materi yang diujicobakan kepada para siswa untuk SD yaitu pelajaran dari kelas IV-VI, sedangkan SMP pelajaran dari kelas VII-IX. Untuk SMA, para siswa harus menguasai materi pelajaran dari kelas X-XII.
Selain itu, siswa juga diajarkan cara mengisi lembar jawab komputer, termasuk tata cara pelaksanaan UN, khususnya pengacakan paket soal. Tujuannya, supaya siswa terbiasa dan tidak kaget saat pelaksanaan UN nanti.

Sudah Disosialisasi

Sebagai koordinator, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Semarang Bambang Nianto Mulyo menyampaikan, untuk jenjang SMA, MKKS berinisiatif melaksanakan penjajakan UN kepada siswa.

Materi yang diujikan juga sesuai dengan petunjuk pelaksanaan UN 2012, yakni dengan mekanisme dan jadwal yang sama. ’’Harapannya dengan penjajakan yang dilakukan sebelum UN ini, hasil ujian siswa nanti akan lebih baik. Apalagi aturan dan petunjuk sudah disosialisasi ke masing-masing sekolah sejak saat ini,’’ katanya.
Sementara itu, penjajakan UN juga sudah dilakukan di jenjang SMP. Mulai Senin (9/1) hingga Kamis (12/1), di SMP 18 Semarang telah berlangsung uji coba UN tersebut.

Kepala SMP 18 Semarang Ringsung Suratno menyampaikan, penyelenggaraan penjajakan ini merupakan program MKKS dalam mempersiapkan siswa untuk sukses mengerjakan soal-soal UN. ’’Setelah POS UN turun, MKKS langsung menyusun jadwal penjajakan UN yang akan dilaksanakan di masing-masing sekolah,’’ tuturnya.
Untuk MKKS SMP Kota Semarang, uji coba bersama dilaksanakan pada 9-12 Januari, 7-10 Februari, dan 7-10 Maret . Materi yang diujikan sama dengan pelaksanaan UN nanti, yaitu berpatokan pada pengembangan materi yang ada dan standar kompetensi kelulusan.

Bagi jenjang SMP, penjajakan dilaksanakan empat hari dengan jadwal ujian secara berurutan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Jenjang SMA juga dilaksanakan empat hari, dan jadwal disesuaikan dengan masing-masing program IPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan.
Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012, UN susulan 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung 30-4 Mei 2012.

Posting Komentar

0 Komentar